Jenis Penyakit Ayam Aduan

Posted on

Jenis Penyakit Ayam AduanJenis Penyakit Ayam Aduan di Indonesia

Jenis Penyakit Ayam Aduan merupakan tipe penyakit yang sering di dapatkan dan menjangkit ayam petarung yang kita pelihara untuk sabung ayam.

Tidak berbeda dengan manusia, hewan seperti ayam  aduan juga dapat terjangkit penyakit yang bila di biarkan saja akan beresiko kematian. Dan untuk jenis penyakitnya, ada jenis penyakit yang banyak terjadi pada ayam petarung pengadu.

Yang dapat terjadi dari menetas hingga dewasa, dimana penyakit – penyakit  tersebut terkadang memiliki gejala ringan pada awalnya. Sehingga kita tidak terlalu memperhatikan gejala tersebut.

Dan terdapat beberapa penyakit mematikan yang dalam beberapa hari saja dapat menyebabkan kematian jika tidak di tanggulangi secara cepat.  Oleh karena itu ada baiknya kita memeriksa keadaan ayam selama beberapa hari sekali.

Agar gejala awal pada jenis penyakit ayam aduan di arena sabung ayam dapat di ketahui. Dan dapat kita cegah secara dini sebelum keadaan ayam yang memiliki penyakit menjadi parah.

Pada umumnya proses pencegahan berbagai penyakit bisa di lakukan dengan melakukan pembersihan kandang secara teratur. Dan untuk kesehatan ayam yang lebih baik, ada baiknya melakukan vaksinasi terhadap ayam – ayam aduan kita, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Di dalam artikel ini kita akan membahas lebih lengkap tentang beberapa penyakit yang sering terjadi pada ayam aduan. Dengan berbagai jenis penyakit dan cara pertolongan pertamanya untuk menghambat jenis penyakit tersebut.

Jenis Penyakit Pada Petarung Sabung Ayam

Penyakit Sakit mata

Selain itu, terdapat jenis penyakit pada mata ayam aduan yang menyebabkan kebutaan baik itu sementar maupun permanen.

Salah satu penyebabnya adalah terdapat cacing pada bagian luar mata yang menyebabkan adanya lendir putih di bagian luar mata. Dan pada umumnya cacing ini memiliki ukuran kecil seperti bulu mata.

Untuk menanggulangi cacing pada mata ini, kalian dapat meneteskan cairan tembakau pada mata yang kedapatan ada cacingnya.

Penyakit Influenza

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, dimana tidak hanya manusia saja yang memimliki penyakit flu. Bahkan ayam aduan juga dapat mengidap penyakit ini.

Penyakit ini pada umumnya di sebabkan oleh linkungan kandang yang tidak bersih dan juga keadaanya lembab. Oleh karena itu, pastikan pada musim hujan, kondisi kandang selalu bersih dan berikan lampu bohlam sebagai penghangat tubuh pada malam hari.

Untuk menangani jenis penyakit ini, kalian dapat berikan antibiotik dengan dosis tidak terlalu banyak. Dan ada baiknya mengkonsultasikan kepada dokter khusus hewan untuk dosis antibiotik yang tepat.

Penyakit Ngorok

Penyakit ngorok merupakan penyakit yang di sebabkan keluarnya lendir pada bagian hidung. Dimana kalian harus bersihkan paruhnya secara berkala agar tidak menggumpal dan menutupi saluran udara pada hidung ayam.

Dimana jika di biarkan saja, ayam akan mengeluarkan suara seperti orang ngorok yang di sebabkan oleh lendir yang menggumpal di bagian hidungnya.

Sebaiknya, ayam yang mengalami ngorok ini di pisahkan dari ayam lain. Dan di obati dengan memberikan minuman berupa jeruk nipis ke dalam mulutnya.

Dan proses tersebut di lakukan kepada ayam aduan pada pagi dan sore hari. Lakukan prosesnya setiap hari hingga ayam tidak ngorok lagi.

Penyakit Panas Dalam

Merupakan penyakit yang di sebabkan perubahan temperatur yang terlalu cepat. Dimana ayam akan terasa lebih panas dari biasanya apa bila di rasakan.

Kondisi tersebut dapat di tangani dengan membiarkan ayam aduan beristirahat dari 2 hingga 3 hari. Dengan pemberian air yang cukup banyak.

Penyakit Cacingan

Untuk cacingain, penyakit ini sering di sebabkan oleh kualitas pakan yang tidak baik (belum di sterilkan). Dan juga dapat di sebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak terlalu bersih.

Dimana pakan yang tidak bersih akan menjadi sarang bibit cacing dan tidak sengaja termakan oleh ayam aduan. Jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit yang termasuk di sebabkan oleh parasit cacing.

Dimana gejala – gejala yang dapat di perhatikan pada ayam aduan adalah lamanya masa pertumbuhan pada ayam. Selain itu, jika di lihat secara fisik, ayam akan terlihat kurus walaupun pakannya banyak.

Untuk menangani cacingan ini, kalian dapat berikan buah pinang muda yang di taruh di dalam minya goreng yang masih dingin. Setelah itu berikan buah pinang tersebut sebagai pakan ayam dengan melolohkannya.

Korep / Kurap

Penyakit korep merupakan penyakit yang sering terjangkit pada jenis unggas ayam. Baik di manfaatkan sebagai petelur, pedaging, maupun sebagai sabung ayam.

Penyakit ini merupakan penyakit yang mampu menular dengan melalui udara. Gejala yang sangat mudah di temui adalah ayam memiliki bercak – bercak berwarna putih pada bagian kulit ayam.

Jenis pengobatan yang dapat di berikan kepada ayam adalah berbentuk salep kulit. Yang harus di olehkan kepada ayam khususnya pada bagian kulit yang ada korepnya.

Berak Kapur

Merupakan penyakit pada ayam yang menyebabkan feces dari ayam berwarna seperti kapur. Hal ini dapat di tangani dengan pemberian pakan berupa jenis buah yang memiliki kandungan air tinggi.

Contohnya seperti buah Pisang, Pepaya, Semangka, Tomat, dan sebagainya.

Kelumpuhan

Adalah penyakit yang paling sering di alami oleh ayam aduan. Dimana jenis penyakit ini akan membuat ayam susah berjalan, bahkan tidak dapat berdiri sama sekali.

Hal ini sering terjadi pada ayam aduan yang telah bertanding sabung ayam. Untuk jenis pengobatan, dapat di lakukan memakai jenis obat tradisional.

Dimana anda dapat gunakan kapur sirih dan juga ragi tape yang di campur dan balur bahan tersebut pada bagian kaki ayam. Lakukan hal ini selama beberapa hari, hingga ia dapat berjalan lagi.

Baca juga : Menyiapkan Ayam Bangkok Petarung